Home > Pasar Internasional > Bursa-bursa Saham Di Persimpangan Kritis (Bagian 2)

Bursa-bursa Saham Di Persimpangan Kritis (Bagian 2)

January 25th, 2013 Leave a comment Go to comments

“We have seen stock markets get a lift because of the so-called fiscal cliff agreement.  We could see global stock markets continue to rise based on optimism and additional QE.  But I think this is a final rise.  The danger is that investors will be sucked into this. Thereafter, I expect a massive, long-term fall in global stock markets.”

-Egon von Greyerz, founder of Matterhorn Asset Management

“There will always be bull markets followed by bear markets followed by bull markets.”

-John Templeton

Kembali saya akan mengetengahkan laporan yang penuh dengan data yang menggugah pikiran serta grafik-grafik yang menunjukkan bahwa seluruh berita-berita positif sepertinya sudah terdiskonto dengan maksimal oleh bursa saham AS sehingga tidak ada lagi hal-hal yang bisa mempertahankan ilusi sebuah bull market yang sehat.

Ini hanya sebuah fakta yang tak terbantahkan bahwa kepuasan para pelaku pasar saat ini sudah berlebihan. Anda bahkan bisa mengatakan mereka terlalu bullish. Ini jelas ditunjukkan oleh the Investors Intelligence Advisors Sentiment Index, bahwa 53,2% dari penulis media dan advisor yang mereka survei adalah bullish.

Kewaspadaan mulai meningkat ketika data mingguan tersebut melampaui 50, dan peningkatkan melampaui 55% dianggap merupakan ‘wilayah berbahaya’. Dengan kata lain, kita semakin dekat dengan zona berbahaya saat ini . Oleh karena itulah, saya kembali ingin mengingatkan investor sekali lagi untuk tidak mengambil risiko yang tidak perlu.

Saya yakin Anda pernah mendengar pepatah lama di Wall Street “overbought doesn’t mean over” atau “markets can stay irrational longer than you can stay solvent”. Maka selalu disarankan untuk mengingatnya karena pasar bisa saja masih akan melanjutkan kenaikan lebih tinggi daripada saat ini sebelum mengalami suatu bearish correction.

Kesimpulan: jangan mengambil resiko di depan kereta bursa yang bullish dan tunggulah dengan sabar kelemahan menunjukkan dirinya sebelum mempertimbangkan posisi bearish atau menjual saham-saham Anda. Untuk mendukung pandangan saya terhadap bursa AS, berikut adalah sejumlah laporan Tyler Durden dari www.zerohedge.com yang telah melakukan pekerjaan yang besar – seperti biasa – dalam menunjukkan bahaya-bahaya yang mengintai:

1) What Happened The Last Four Times That US Macroeconomic ‘Surprises’ Hit A Three-Month Low? (January 6th)

The last week or two has seen Citi’s economic ‘surprise’ indicator (ECO) take a decided turn for the worse. At Friday’s close, the index that tracks not just absolute performance of the major macro prints but their relative performance to expectations, had hit a three-month low. Since the top in the S&P 500 in late 2007, the 3-month rate-of-change has shifted sig