Home > Pasar Internasional > Kekhawatiran Terbesar Saya Tahun 2013

Kekhawatiran Terbesar Saya Tahun 2013

January 28th, 2013 Leave a comment Go to comments

“The first panacea for a mismanaged nation is inflation of the currency; the second is war.  Both bring a temporary prosperity; both bring a permanent ruin.  But both are the refuge of political and economic opportunists.”

-Ernest Hemingway

“Inflation is like sin; every government denounces it and every government practices it.”

-Frederick Leigh-Ross

Bank-bank sentral besar dunia saat ini tengah melakukan permainan yang sangat berbahaya. Mencoba untuk mengelola ekspektasi inflasi namun terus mengejar kebijakan yang akan mendongkrak  inflasi sudah tentu akan banyak menimbulkan volatilitas di pasar tahun ini.

Meskipun Ben Bernanke telah mempertahankan suku bunga AS mendekati nol, inflasi belum menjadi masalah besar sejak krisis keuangan tahun 2008. Dan banyak pengamat memperkirakan inflasi masih akan stabil.

Masalahnya adalah bahwa bank-bank sentral dunia juga terus menambah pasokan uang. Cina terus menambah pasokan uangnya, Bank Sentral Eropa (ECB) melakukan pembelian obligasi pemerintah negara-negara anggotanya yang bermasalah serta Inggris yang seperti AS melakukan ekspansi pasokan uang hingga senilai hampir seluruh hutangnya untuk menutup defisit anggaran.

Dan yang tak kalah penting, jangan lupa adanya perubahan besar di tahun 2013 yang terjadi di Jepang, dimana pemerintahan baru di bawah kepemimpinan PM Abe telah mendesak bank sentral BoJ untuk melakukan pembelian obligasi pemerintah lebih lanjut dalam rangka mendorong target inflasi hingga 2%.

Semua langkah mencetak uang tersebut dalam jangka panjang kemungkinan besar akan mengakibatkan tingkat INFLASI LEBIH TINGGI. Oleh karena itu, saya berpendapat akan lebih baik untuk menghindar dari obligasi jangka panjang dan tetap menjaga kekayaan Anda dalam aset seperti emas, perak, komoditas dan ekuitas yang terkait dengan komoditas.

Sebaiknya selalu ingat bahwa inflasi memiliki cara penampakan seperti seolah sebagai suatu ancaman jauh sebelum kemudian muncul menyelinap tiba-tiba dan mulai mendorong harga naik. Jadi terlepas dari seberapa cepat atau lambat para hantu inflasi menyelinap, yang terbaik saat ini adalah untuk mempersiapkan inflasi dalam portofolio Anda SEKARANG.

Untuk memberikan Anda pandangan mengapa inflasi bisa menyerang tiba-tiba dan seberapa parah akibatnya, berikut adalah tiga laporan Tyler Durden dari www.zerohedge.com:

1) Peak Monthly Inflation In 1945 Hungary: 12,950,000,000,000,000% And Other Hyperinflationary Facts (June 15, 2012)

For some reason, whenever people want to make a historical example of a hyperinflationary period, they always bring up the Weimar Republic, aka Germany in 1920-1923. Yet with a highest monthly inflation of just under 30,000%, Weimar was a true walk in the park compared to the 309,000,000% monthly inflation in 1992-1994 Serbia, but especially to the 12,950,000,000,000,000% inflation that Hungarians had to deal with in the aftermath of WWII.